Gempa NTB dan Asian Games

 

Beritanya tenggelam dengan berita Asian Games

Walaupun gempa yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah berlangsung hampir satu bulan, namun sampai sekarang aktifitas kegempaan masih sering terjadi dan hampir setiap hari, dan sejauh ini tercatat ada 3 kali gempa dengan kekuatan besar seperti:

  1. Yang berkekuatan 6,4 Mw pada 29 Juli 2018, pukul 06.47 WITA.
  2. Yang berkekuatan 7 Mw pada 5 Agustus 2018, pukul 19.46 WITA, dan
  3. Yang berkekuatan 6,4 Mw pada 19 Agustus 2018.

Telah sangat besar dampak dari musibah tersebut baik dari segi materil dan imateril, dampak kerugian  materil yaitu banyak hancurnya rumah-rumah penduduk, rumah ibadah, sekolah dan fasilitas umum, sedangkan dampak non materil berupa terganggunya aktifitas pendidikan dan trauma psikologis masayarakat akibat gempa tersebut. Perhatian yang ditujukan untuk menanggulangi musibah tersebut saat itu sangat besar dan menjadi perhatian seluruh warga negara, dengan saling bahu membahu memberikan bantuan sosial guna mengurangi beban yang diderita korban.

Sayangnya perhatian kita saat ini terbelah menjadi dua karena pada saat ini negara kita sedang melaksanakan perhelatan Asian Games dengan segala hiruk pikuknya, sehingga kita lebih perhatian terhadap Asian Games , demikian pula pemberitaan media lebih banyak ke Asian Games dibanding berita gempa itu sendiri. Begitu pula para pemangku negeri ini lebih “terfokus” kepada perjuangan atlet-atlet Indonesia yang sedang berjuang meraih medali demi kehormatan negara. Harapan kita semoga jangan lepas perhatian kita terhadap mereka di NTB dan para atlet Indonesia juga berjaya.

Diterbitkan oleh

anwar

Nama saya Anwar, Unit Kerja Kantor Kearsipan UT, Jabatan Fungsional Arsiparis Ahli Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *